Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Untuk Materi Perilaku Menyimpang

Authors

  • Gusti Fauziah Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.114

Keywords:

Perilaku menyimpang, Quizizz, Sosiologi, Team Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis aplikasi Quizizz pada materi perilaku menyimpang di kelas XI SMA. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dan pemahaman konsep pada materi sosiologi, khususnya perilaku menyimpang. Model TGT dipilih karena mampu menciptakan suasana belajar yang kompetitif dan menyenangkan, sekaligus mendorong kolaborasi antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kegiatan pembelajaran, dokumentasi proses belajar, serta refleksi pasca pelaksanaan simulasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz dalam model TGT meningkatkan antusiasme siswa, mendorong diskusi kelompok yang aktif, dan memperbaiki pemahaman terhadap konsep perilaku menyimpang. Siswa juga menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Namun, beberapa kendala yang ditemukan antara lain adalah keterbatasan perangkat teknologi, koneksi internet, serta kesiapan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis kasus. Meskipun demikian, model ini dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sosiologi serta membentuk karakter sosial siswa yang positif melalui kerja sama dan kompetisi yang sehat.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Gusti Fauziah, & Fernandes, R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Untuk Materi Perilaku Menyimpang. Social Empirical, 2(1), 321–325. https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.114

Issue

Section

Model Pembelajaran & Penerapannya