Tantangan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Sosiologi pada Materi Interaksi Sosial di SMA Pertiwi 1 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.117Keywords:
Interaksi sosial, Project Based Learning, Sosiologi, SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi interaksi sosial di SMA PERTIWI 1 Padang. Fokus utama penelitian ini terletak pada proses pelaksanaan PjBL, termasuk pemahaman konsep oleh siswa, tantangan yang dihadapi guru, dinamika kelompok, serta keterbatasan teknis dan dukungan lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL mampu meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap konsep interaksi sosial secara kontekstual. Namun, penerapannya masih menghadapi berbagai hambatan, seperti kurangnya pengalaman guru dalam merancang proyek, kesulitan siswa dalam kerja kelompok, serta keterbatasan fasilitas dan akses informasi di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan strategi adaptif yang mempertimbangkan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah agar implementasi PjBL dapat berjalan lebih optimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.