Inovasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT dalam Mata Pelajaran Sosiologi untuk Meningatkan Pemahaman Siswa

Authors

  • Huswatun Hasanah Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.118

Keywords:

Inovasi Pendidikan, Pembelajaran kooperatif, Pemahaman siswa, Sosiologi

Abstract

Pembelajaran sosiologi di tingkat menengah menghadapi tantangan dalam penyampaian konsep-konsep abstrak seperti struktur sosial dan mobilitas sosial. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran sosiologi. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dengan implementasi lima komponen TGT: presentasi kelas, kerja tim, permainan digital menggunakan Quizizz, turnamen antar kelompok, dan penghargaan tim. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari 65,4 menjadi 78,6 (20,2% peningkatan) dan partisipasi aktif dari 60% menjadi 95%. Model TGT berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan interaktif, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta keterampilan sosial melalui kerja sama tim. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi, kemampuan teknis guru, dan adaptasi siswa terhadap model pembelajaran baru. Model pembelajaran kooperatif TGT terbukti efektif mengubah paradigma pembelajaran dari teacher-centered menjadi student-centered dan dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sosiologi.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Huswatun Hasanah, & Fernandes, R. (2025). Inovasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT dalam Mata Pelajaran Sosiologi untuk Meningatkan Pemahaman Siswa. Social Empirical, 2(1), 331–336. https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.118

Issue

Section

Model Pembelajaran & Penerapannya