Rancangan Kampanye Gerakan Membawa Tumbler Minimalisir Sampah Botol Plastik

Authors

  • Alfirdausy Universitas Negeri Padang
  • Abdul Hadi Universitas Negeri Padang
  • Mutiara Maharani Universitas Negeri Padang
  • Nayla Clarissa Olivia Firdaus Universitas Negeri Padang
  • Reskika Ade Sastia Universitas Negeri Padang
  • Mira Hasmira Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.155

Keywords:

Kampanye, Media Sosial, Perilaku, Tumbler

Abstract

Limbah botol plastik sekali pakai menjadi masalah penting dalam perang iklim dan krisis lingkungan di seluruh dunia, dan Indonesia adalah salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Karena botol plastik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sulit terurai secara alami dan berkontribusi besar terhadap pencemaran darat dan laut, mereka memiliki efek jangka panjang. Kampanye "Tanpa Botol" muncul sebagai upaya perubahan sosial berbasis kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong orang-orang, terutama generasi muda, untuk beralih ke penggunaan botol minum isi ulang atau tumbler yang lebih ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan menganalisis strategi komunikasi kampanye yang dapat memengaruhi perilaku target audiens di media sosial, khususnya Instagram. Temuan menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan komunikasi yang menggabungkan elemen edukatif, persuasif, partisipatif, dan kolaboratif dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan meningkatkan kesadaran ekologis. Pemilihan kanal distribusi yang sesuai dengan gaya hidup digital target audiens juga merupakan bagian penting dari keberhasilan kampanye.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Alfirdausy, A., Hadi, A., Maharani, M., Firdaus , N. C. O., Sastia, R. A., & Hasmira, M. (2025). Rancangan Kampanye Gerakan Membawa Tumbler Minimalisir Sampah Botol Plastik. Social Empirical, 2(1), 337–342. https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.155

Issue

Section

Rancangan Kampanye Humas Organisasi Pemerintah & Corporate