Rancangan Kampanye Hijau Bareng: Strategi Komunikasi Lingkungan Matahari Department Store Menuju Zero Waste Kota Padang 2050

Authors

  • Aura Fairana Universitas Negeri Padang
  • Nadia Kirana Velisa Universitas Negeri Padang
  • Viola Ramadhani Lubis Universitas Negeri Padang
  • Aufa Raihan Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Rizky Universitas Negeri Padang
  • Mira Hasmira Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.156

Keywords:

Hijau Bareng, Komunikasi Lingkungan, Kampanye Sosial, Sampah plastik, Zero Waste 2050

Abstract

Permasalahan sampah plastik di Kota Padang telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, menjadikannya sebagai kota dengan volume sampah plastik tertinggi di Sumatera Barat. Dalam upaya mendukung program Zero Waste 2050 yang dicanangkan Pemerintah Kota Padang, Matahari Department Store meluncurkan kampanye “Hijau Bareng” melalui akun Instagram khusus @hijaubareng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi lingkungan dalam kampanye tersebut serta keterkaitannya dengan perubahan perilaku masyarakat menuju konsumsi yang lebih ramah lingkungan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten, peneliti mengamati 9 unggahan kampanye dan interaksi pengguna seperti komentar dan like. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye “Hijau Bareng” menggunakan pendekatan edukatif berbasis visual dan emosional tanpa mengandalkan influencer, namun tetap mampu membangun kesadaran dan respons positif dari masyarakat. Meskipun skalanya masih terbatas, kampanye ini efektif dalam membentuk komunikasi dua arah dan menyampaikan pesan lingkungan yang kontekstual. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi sektor swasta dalam mendukung kebijakan lingkungan pemerintah melalui strategi komunikasi yang partisipatif dan relevan secara lokal.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Fairana, A., Velisa, N. K., Lubis, V. R., Raihan, A., Rizky, M., & Hasmira, M. (2025). Rancangan Kampanye Hijau Bareng: Strategi Komunikasi Lingkungan Matahari Department Store Menuju Zero Waste Kota Padang 2050. Social Empirical, 2(1), 350–353. https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.156

Issue

Section

Rancangan Kampanye Humas Organisasi Pemerintah & Corporate