Rancangan Kampanye Sehat Cuan: Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Berkegiatan

Authors

  • Muhammad Afghan Arrazy Universitas Negeri Padang
  • Kristin Okvita Universitas Negeri Padang
  • M. Dzaky Putra S Universitas Negeri Padang
  • Nurul Husni Universitas Negeri Padang
  • Intan Triva Alhamra Universitas Negeri Padang
  • Mira Hasmira Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.158

Keywords:

Cuci tangan, CUAN, Edukasi

Abstract

Masyarakat masih kurang kesadarannya untuk cuci tangan yang mengakibatkan meningkatnya kasus penyakit menular seperti diare terutama untuk balita di Kota Padang. Dinas kesehatan Kota Padang mencatat ada 27.273 kasus diare pada tahun 2023, dengan total 13.068 kasus menyerang balita. Kampanye CUAN merupakan upaya dari PT Semen Padang untuk kepentingan sosial dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan untuk mencegah penyakit menular. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis efektivitas kampanye CUAN sebagai bentuk strategi edukasi kesehatan masyarakat. Landasan teori yang digunakan adalah konsep perilaku bersih dan sehat diiringi dengan pendekatan kampanye. Metode yang digunakan merupakan studi literatur dan analisis data sekunder dari Dinas Kesehatan Kota Padang.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Arrazy, M. A., Okvita, K., Putra S, M. D., Husni, N., Alhamra, I. T., & Hasmira, M. (2025). Rancangan Kampanye Sehat Cuan: Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Berkegiatan. Social Empirical, 2(1), 361–366. https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.158

Issue

Section

Rancangan Kampanye Humas Organisasi Pemerintah & Corporate