Ekologi Media yang Efektif dalam Mempertahankan Eksistensi Media Informatif Konvensional di Era Globalisasi

Authors

  • Nahdia Latifah Latifah Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Dzaky Putra Syahendri Universitas Negeri Padang
  • Ayu Adriyani
  • AB Sarca Putera Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/scemp.v1i2.37

Keywords:

Era Globalisasi, Meda Masa Konvensional, Ekologi media

Abstract

Di era globalisasi, media massa informatif konvensional menghadapi tantangan besar untuk mempertahankan eksistensinya. Tantangan tersebut seperti semakin redupnya minat masyarakat dengan kebutuhan yang semakin modern akibat pengaruh dari globalisasi. Penelitian ini mengkaji strategi ekologi media yang efektif bagi media tersebut agar tetap bertahan. Teori ekologi media menekankan pentingnya pengelolaan modal, jenis isi media, dan jenis isi audiens secara optimal. Studi kasus pada RRI Denpasar dan Selaparang TV menunjukkan bahwa memanfaatkan ketiga faktor tersebut merupakan kunci untuk bersaing dengan media baru. Namun, tantangan seperti sumber pendapatan terbatas, pergeseran preferensi audiens, dan perubahan perilaku konsumsi media juga harus diatasi dengan baik. Fenomena citizen journalism sebagai implementasi partisipatory media culture mengindikasikan perlunya mengintegrasikan peran aktif audiens dalam teori ekologi media. Media konvensional dapat beradaptasi dengan melibatkan audiens sebagai produsen konten alternatif dan menyajikan konten sesuai preferensi partisipatif audiens. Penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi pengelola media dalam mempertahankan eksistensi di tengah persaingan ketat di era globalisasi.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Latifah, N. L., Muhammad Dzaky Putra Syahendri, Adriyani, A., & AB Sarca Putera. (2024). Ekologi Media yang Efektif dalam Mempertahankan Eksistensi Media Informatif Konvensional di Era Globalisasi. Social Empirical, 1(2), 176–182. https://doi.org/10.24036/scemp.v1i2.37