Media Sosial Sebagai Sarana Kritik Masyarakat Terkait Paslon Gubernur di Sumatera Barat

Authors

  • Nurhaliza Maharani Universitas Negeri Padang
  • Qavka Navisa Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Rizki Alvarizi Universitas Negeri Padang
  • Nurida Wita Universitas Negeri Padang
  • Ramadani Fitriyah Harahap Universitas Negeri Padang
  • Mira Hasti Hasmira
  • Novia Amirah Azmi Universitas Negeri Padang
  • AB Sarca Putera Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/scemp.v1i2.38

Keywords:

Komunikasi massa, Partisipasi politik, Sosial media, Teori kritik media

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran media sosial sebagai sarana ataupun alat bagi  masyarakat dalam menyampaikan kritik. Berdasarkan perspektif teori media kritik yang diusulkan oleh Frankfurt School, media itu tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyampaian informasi saja, akan tetapi juga berfungsi sebagai agen tertentu yang dapat membantu dan membentuk kesadaran sosial dan politik. Media sosial dianggap sebagai platform yang efektif untuk menyampaikan kritik dan aspirasi masyarakat, karena di media sosial siapapun bisa berkritik tanpa diketahui identitas sekalipun, terutama dalam kegiatan politik yang kompetitif seperti pilkada. Melalui pendekatan studi pustaka serta wawancara dengan beberapa mahasiswa, ditemukan bahwa media sosial memfasilitasi partisipasi politik masyarakat dengan cara menyediakan ruang untuk kritik publik terhadap kandidat. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media sosial menjadi alat yang dapat memengaruhi persepsi atau pandangan politik publik dan membantu masyarakat dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini juga berfokus pada bagaimana media sosial meskipun sering sekali menjadi sarana informasi, media sosial tetap berperan penting dalam mengungkapkan suara masyarakat yang tidak terdengar oleh media konvensional.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Maharani, N., Qavka Navisa, Muhammad Rizki Alvarizi, Nurida Wita, Ramadani Fitriyah Harahap, Hasmira, M. H., … AB Sarca Putera. (2024). Media Sosial Sebagai Sarana Kritik Masyarakat Terkait Paslon Gubernur di Sumatera Barat. Social Empirical, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.24036/scemp.v1i2.38