Penggunaan Aplikasi Mobile Payment dengan Tinjauan Teori Difusi Inovasi
DOI:
https://doi.org/10.24036/scemp.v1i2.45Keywords:
aplikasi payment, difusi inovasi, mobile payment, transaksiAbstract
Penelitian ini mengungkapkan bagaimana sebuah inovasi mempermudah pekerjaan seseorang serta dapat menuntaskan pekerjaan dengan cepat. Pada penelitian ini menjelaskan bagaimana sebuah inovasi mobile payment membantu seseorang dalam melakukan transaksi pembayaran. Aplikasi mobile payment terdiri dari beberapa aplikasi yaitu dana, shoopepay ovo dan gopay. Pada penelitian ini inovasi mobile payment dianalisis menggunakan teori difusi inovasi dengan teori tersebut dapat dianalisis bagaimana sebuah inovasi dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis teori difusi inovasi. Dari 100 orang sample acak di Instagram menunjukkan bahwa 75% orang menggunakan aplikasi dana, dan 25% orang menggunakan shoopepay. Dari hasil sample tersebut dapat dilihat bahwa inovasi mobile payment diterima oleh masyarakat karena sebagian besar dari mereka telah memanfaatkan aplikasi tersebut dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Dari hasil g-form yang telah dilakukan banyak orang merasakan manfaat dari penggunaan mobile payment tersebut, mereka merasa mudah untuk melakukan transaksi dan mereka juga membantu mengurangi penebangan pohon dengan cara mengurangi pemakaian duit kertas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.