Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 3 Melalui Penerapan Project Based Learning di SDN Sendangmulyo 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.24036/scemp.v2i1.60Keywords:
Hasil Belajar, Project Based Learning, Pembelajaran IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas 3C SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur hasil belajar melalui pretest dan posttest, serta pendekatan kualitatif untuk menggali respon siswa terhadap model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa dari 65,2 (pretest) menjadi 82,5 (postest), serta adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran PjBL terbukti memberikan pengalaman belajar yang bermakna, relevan, dan kolaboratif, mendorong siswa untuk berpikir kirtis serta mengaplikasikan konsep dalam kehidupan nyata. Temuan ini menjelaskan bahwa PjBL merupakan pendekatan yang efektif dalam memperkuat pemahaman konsep IPAS dan meningkatkan motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.